Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Kabupaten SumenepPemerintahan

Dorong Produk UMKM Sumenep Naik Kelas, BPRS Sosialisasi Pengurusan Sertifikat Halal

217
×

Dorong Produk UMKM Sumenep Naik Kelas, BPRS Sosialisasi Pengurusan Sertifikat Halal

Sebarkan artikel ini

SUMENEP, Jatimrelasipublik.com – Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar, lakukan kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Halal bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Selasa, ( 20/12/2022 )

Kegiatan Sosialisasi tersebut, bertempat di Ballroom Hotel CI Sumenep, Jalan Sultan Abdurrahman, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Direktur Utama (Dirut) BPRS Bhakti Sumekar, Hairil Fajar, menyatakan, Kegiatan sosialisasi dan pendampingan pengurusan sertifikasi halal ini merupakan bentuk komitmen dari kami agar bisa mendorong hasil produksi para pelaku UMKM di Kabupaten Sumenep.

Untuk itu, kami melakukan sosialisasi ini supaya hasil produksi para pelaku UMK di Sumenep mempunyai nilai kualitas sehingga mudah naik kelas, dan dapat bersaing di pemasaran Global.

“ Kami berkomitmen agar seluruh para pelaku UMKM makanan dan minuman di Sumenep, sudah bersertifikat halal agar nilai produksinya dapat meningkat di penjualan,” kata Hairil Fajar.

Tetapi, Acara Sosialisasi dan Pendampingan Pengurusan Sertifikasi Halal tersebut dapat dihadiri oleh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ), yang juga merupakan anggota binaan serta nasabah BPRS Bhakti Sumekar Sumenep.

Namun, kuota bagi peserta yang dapat hadir dalam kegiatan sosisalisasi itu jumlahnya terbatas, Sehingga para Pelaku UMKM dari Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perindustrian Perdagangan (Perindag), Kabupaten Sumenep, tidak bisa mengikuti acara ini.

” Kuotanya hanya untuk 50 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ),” Jelas Hairil Fajar, Dirut BPRS Bhakti Sumekar Sumenep

Menurut Dirut BPRS Bhakti Sumekar Sumenep, Hairil Fajar, Sosialisasi dan pendampingan pengurusan sertifikasi halal, akan dipandu oleh tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Sebab, Kegiatan tersebut terselenggara atas dukungan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), karena BPRS Bhakti Sumekar Sumenep, adalah salah satu Bank BBS di Jawa Timur.

“ Kami dapat dukungan serta kerjasama dari OJK dengan komitmen dalam rangka bulan inklusi keuangan untuk mendorong proses sertifikasi halal bagi UMKM,” Terang Dirut BPRS Bhakti Sumekar Sumenep.

Dirinya menambahkan, Kami berharap, setelah kegiatan ini para pelaku UMKM di Sumenep, memahami betapa pentingnya prosedur halal, yang mana dapat berpengaruh terhadap hasil produksi para pelaku UMKM bisa naik kelas karena sudah halal untuk di jual, baik di pasaran Global dan juga di pasar Digital.

“ Sertifikasi halal bisa menjamin hasil produksi pelaku UMKM mulai kehalalan bahan baku, waktu memproduksinya, sampai ke pengemasan produknya, bersaing sampai pemasaran lebih luas,” Imbuhnya.

( Noung daeng )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *