Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita UtamaJawa timurKabupaten LamonganPeristiwaTerbaru

PWI Lamongan Literasikan Pencegahan Penyalahgunaan Profesi Wartawan

70
×

PWI Lamongan Literasikan Pencegahan Penyalahgunaan Profesi Wartawan

Sebarkan artikel ini

Penulis : Muiz

Jatimrelasipublik.com – Resmi dilantik Bupati Yuhronur Efendi pada Selasa (18/7) di Ruang Pertemuan Gajah Mada Lamongan, Pengurus PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Lamongan periode 2023 – 2026 langsung memberikan literasi kepada Kepala Desa juga Kepala Sekolah di Lamongan terkait mana jurnalis/wartawan yang bekerja sebagaimana marwahnya, dan mana yang hanya oknum semata.

Diungkapkan Ketua PWI Lamongan Kadam Mustoko, bahwa pemberian pengetahuan literasi seperti ini merupakan salah satu bentuk aksi perlawanan dan upaya PWI untuk mengembalikan marwah wartawan.

“Acara seperti ini adalah salah satu bentuk melawan aksi-aksi penyelewengan profesi wartawan, dilantiknya pengurus PWI juga merupakan usaha untuk bagaimana wartawan-wartawan ini mengembalikan marwahnya, untuk itu kami sangat membutuhkan kerjasama dari Bapak/Ibu semuanya. Ini nanti akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan tujuan membantu untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan profesi wartawan,” ungkap Kadam.

Disampaikan pula oleh Ketua PWI Jatim Lutfi Hakim, wartawan pada dasarnya diatur oleh peraturan perundang-undangan sehingga dengan adanya aturan ini semua produk jurnalis yang benar adalah produk jurnalistik yang mencerdaskan. Sehingga jika ada pihak yang mengatasnamakan wartawan diluar sebagaimana yang diatur undang-undang maka hal tersebut berada di luar koridor ekosistem yang tepat dalam profesi wartawan.

“Pers sebagai pihak yang harusnya bekerja searah dengan seluruh stakeholder, dukungan ini tidak hanya dalam bentuk apresiasi, gunggungan, pujian. Namun jika ada sesuatu yang salah harus tetap mengkritik atau mengkoreksi dengan bentuk yang konstruktif, presisi, tidak mengada-ada, dan tidak juga tidak menfitnah,” terang Lutfi Hakim.

Bupati Yes menyambut baik adanya kegiatan tersebut, Pemkab Lamongan terus mendukung dan mensupport upaya yang dilakukan PWI sebagai salah satu bagian dari kolaborasi pentahelix, penyampai informasi pembangunan dan penghubung antara pemerintah dengan masyarakat. Menerut beliau literasi seperti ini sedikit banyak akan menambah pemahaman berbagai pihak tentang profesi jurnalistik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *